Divisi Kajian

Divisi Kajian melaksanakan fungsi kompetensi utama Kanopi FEUI, divisi ini menganalisis dan berdiskusi secara obyektif terkait topik dalam ilmu ekonomi. Hasil dari dari Divisi Kajian akan dituangkan ke dalan output yang berkualitas, dapat dipertanggungjawabkan dan bermanfaat bagi Kanopi dan stakeholder terkait lainnya.

Deskripsi Proker

Diskusi kecil yang dihadiri oleh maksimal 15 orang yaitu seluruh anggota kajian serta mahasiswa FEUI yang membahas berbagai topik interdisiplin yang berhubungan dengan ekonomi. Topik-topik tersebut akan disajikan oleh ahli dari bidang tertentu.

Dalam proker ini, kajian akan mengunjungi diskusi yang diselenggarai oleh organisasi lain. Tujuan antara lain, BOE, KSME, Cak Tarno, Freedom, dan berbagai kementrian.

Marjinal ialah diskusi mingguan dari salah satu anggota kajian yang menyajikan sebuah topik serta permasalahan atau pertanyaan. Hal-hal tersebut akan dibahas lebih lanjut oleh seluruh peserta diskusi. Pada marjinal, tidak ditekankan mencari satu solusi atau pendapat, melainkan yang ditekankan adalah pertukaran pendapat.

Dialog Ekonomi Taman Makara

Seminar kecil serta diskusi, dengan 1-3 pembicara, dan kurang lebih 50 peserta mengenai topik ekonomi yang dibuka untuk publik dan ditargetkan untuk mahasiswa FEUI.

Monthly Economic Discussion

Proker divisi Kajian yang menyertakan seluruh anggota KANOPI dalam membahas isu perekonomian terkini dengan format focus group discussion dimana anggota divisi Kajian menjadi fasilitatornya.

Membuat publikasi online berupa tulisan blog yang diupdate secara berkala mengenai berbagai topik perekonomian dan pembangunan maupun inter-disiplin dengan ekonomi.

Pembahasan mengenai argumen atau topik tertentu dari buku-buku ahli Ekonomi yang dibuka untuk mahasiswa FEUI.

Kajian mengenai isu-isu perekonomian oleh anggota divisi Kajian yang dipublikasikan oleh KANOPI.