KAJIAN DP

Divisi Kajian

Divisi Kajian melaksanakan salah satu fungsi kompetensi utama Kanopi FEB UI terkait tentang analisis dan diskusi secara objektif mengenai berbagai topik dalam ilmu ekonomi.

Deskripsi Proker

Output publikasi Divisi Kajian yang berisi tulisan mengenai isu atau pemikiran terkait bidang ekonomi sebagai media penyebarluasan wawasan ekonomi ke publik.

Output dari Divisi kajian berupa publikasi berupa kajian mengenai budaya populer atau isu dan fakta ekonomi ringan yang dikemas dalam bentuk infografis.

Sebuah rangkuman berita ekonomi nasional dan global serta data-data pasar yang relevan selama satu bulan kebelakang.

Program kerja Divisi Kajian berupa 1 on 1 talkshow bersama pakar ekonomi yang akan berdiskusi terkait tema ekonomi yang akan dibawakan.

Reading list berisi rekomendasi 5 buku ekonomi beserta review singkatnya guna memperkuat minat literasi publik di bidang ekonomi.

Publikasi berupa biografi dan hasil riset pemenang hadiah Nobel ekonomi dalam bentuk infografis dan tulisan singkat.

Kegiatan diskusi yang diawali dengan presentasi dari staf Divisi Kajian mengenai tema diskusi yang diangkat dan dilanjutkan dengan focus group discussion yang dibuka untuk umum.

Kolaborasi antara Divisi Kajian dengan himpunan jurusan lain untuk mengulas suatu isu ekonomi. Kegiatan ini terdiri dari presentasi dan focus group discussion yang hasilnya akan dipublikasi dalam bentuk infografis.

Sebuah seminar dengan tujuan membedah, mengulas, dan mendiskusikan sebuah buku yang ditetapkan oleh Divisi Kajian.

Kompetisi esai yang diselenggarakan oleh Divisi Kajian untuk mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB UI.

Diskusi terfokus dalam skala kecil (10-20 orang) yang diperuntukkan sebagai tempat untuk membahas suatu topik terkait dengan ilmu ekonomi.

Mini Seminar yang akan menghadirkan 2-3 pembicara berupa ahli ekonomi yang akan dilanjutkan dengan focus group discussion antar peserta seminar.