BIRO PENERBITAN DAN INFORMASI

Biro Penerbitan dan Informasi (PIN) adalah biro yang berfungsi sebagai ujung tombak publikasi KANOPI FEB UI. Dengan menggunakan media visual sebagai medianya, biro PIN bertugas meningkatkan brand awareness KANOPI FEB UI dan melaksanakan tugasnya sebagai supporting bagi divisi dan biro lainnya.

Deskripsi Program Kerja

Warta IE merupakan publikasi tahunan Kanopi FEB UI yang berupa majalah setebal 40 halaman. Majalah ini akan menampilkan output-output Divisi Kajian dan Penelitian, tulisan karya mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB UI, acara-acara Kanopi FEB UI serta informasi menarik lainnya seputar Ilmu Ekonomi. Warta IE akan dibagikan kepada para mahasiswa baru Ilmu Ekonomi FEB UI. Selain dipublikasikan secara hardcopy, Warta IE juga akan dipublikasikan di website Kanopi FEB UI dalam bentuk soft copy.

Mading Eksternal memiliki 3 konten wajib, yaitu:

  • Informasi: bagian ini akan menampilkan informasi penting mengenai perkuliahan Ilmu Ekonomi FEB UI, acara Kanopi FEB UI mendatang, dan informasi penting lainnya.
  • Dear Kanopi: bagian ini akan berbentuk seperti kotak saran dimana civitas FEB UI, khususnya mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB UI, dapat memberi kritik dan saran yang membangun untuk Kanopi FEB UI.
  • Berita Ekonomi: bagian ini akan menampilkan Kajipost dan/atau Grandmatest terpilih pada bulan tersebut.
  • Games: Permainan interaktif yang akan diintegrasikan dengan media sosial Kanopi, untuk menambahkan exposure Kanopi

Media informasi online Kanopi (MIOPI) terdiri dari:

  • Website: Menyediakan dan mempublikasikan update kajian, artikel, hasil penelitian, dan kegiatan-kegiatan Kanopi FEBUI. Blog ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi seluruh mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia untuk mendapatkan informasi sekaligus aktif berpartisipasi mengirimkan artikel dan menyuarakan opini tentang isu-isu ekonomi yang sedang hangat.
  • Twitter: Berisikan update informasi terbaru seputar Kanopi FEBUI dan link-link yang terkait dengan output Kanopi FEBUI. Untuk pantau lebih lanjut, silahkan follow di: http://twitter.com/Kanopi_FEBUI
  • LINE Official Account: Sebagai wadah publikasi kegiatan Kanopi melalui broadcast chat dan timeline home. Agar dapat mengakses fitur rich message, akun LINE OA akan dijadikan akun premium. Akun LINE OA kami bisa difollow di @kanopi-febui
  • Instagram: Tahun ini, Biro Penerbitan dan Informasi sudah membuat akun Instagram yang memuat publikasi acara dan 1-2 postingan yang merupakan dokumentasi acara. Tujuannya adalah untuk menjangkau lebih banyak publik dalam penyebaran informasi seputar Kanopi FEBUI. Ikuti kami di https://www.instagram.com/kanopi_febui

Press Release Kanopi (PREK) merupakan kegiatan mempublikasikan informasi dan output kegiatan Kanopi FEBUI, baik kegiatan kajian maupun kegiatan eksternal, ke media berita online. Untuk output kajian berupa Kajipost, media berita online yang akan digunakan adalah Kompasiana. Sementara itu, kegiatan atau acara Kanopi FEBUI yang melibatkan pihak eksternal akan diberitakan melalui website Kanopi FEBUI sesudah kegiatan atau acara berlangsung.

Program kerja yang sekarang dikenal dengan nama Desain dan Dokumentasi Kanopi (DEDOPI) ini melibatkan setiap anggota Biro PIN untuk mendokumentasi serta mendesain publication tools acara-acara Kanopi FEBUI. Sistem pembagian tugas desain dan dokumentasi dibagikan per individu, di mana 1 anggota bertanggung jawab atas desain publikasi dan dokumentasi 1 sampai 2 divisi atau biro.

Workshop Desain dan Layout (WDL) merupakan pelatihan mengenai konsep awal serta layout dalam merancang sebuah media. Pelatihan ditujukan kepada seluruh anggota Biro PIN pada khususnya dan untuk pengurus Kanopi pada umumnya. Kegiatan ini sangat penting khusunya dalam mengembangkan kreativitas bagi stakeholder Biro PIN.