Grandma Test: Do Dragons Have Better Fate?

383457

Do Dragons Have Better Fate?

Pengarang : Ka-Fu Wong dan Linda Yung

Tahun : 2005

Nama Jurnal : Economic Inquiry, Vol. 43, No. 3 (July 2005), pp. 689-697

Tujuan Penelitian

Sebagian besar orang masih mempercayai keberadaan tahayul seperti orang yang bersuku Tionghoa masih banyak yang mempercayai bahwa tahun naga merupakan tahun yang tepat untuk melahirkan. Hal ini diduga akan membawa takdir yang baik terutama dalam bidang ekonomi untuk anak tersebut. Maka dari itu pada tahun naga angka kelahiran meningkat sehingga pemerintah memiliki masalah dalam penyediaan public goods and services. Penelitian ini ingin membuktikan kebenaran dari tahayul tersebut, Apakah ada bukti nyata bahwa anak yang lahir pada tahun naga akan memiliki takdir yang lebih baik?

Metodologi

Defini takdir yang bagus pada penelitian ini adalah ketika seseorang memiliki pendapatan gaji yang tinggi. Penelitian ini menggunakan data sensus Hong Kong tahun 1991 dan 1996 dengan jumlah responden masing-masing 1% dari total populasi. Peneliti tidak menggunakan data sensus tahun 2001 karena saat penelitian ini dilakukan, data belum tersedia. Penelitian ini menggunalakan metode regresi OLS (Ordinary Least Square) dengan variabel dependen log mean earning dan variabel independen yaitu years of schooling, years of schooling square, experience, experience square dan zodiac dummy for dragons.

giani 1

Figure 1 menunjukan bahwa pertambahan angka kelahiran di Hong Kong megalami penurunan dari 16.87 per 1000 populasi pada tahun 1980 menjadi 7.2 per 1000 populasi pada tahun 2001. Namun pada tahun naga yaitu tahun 1988 dan 2000, terjadi peningkatan angka kelahiran. Studi dari Backer dan Lewis (1973) dan Backer dan Tomes (1976) memperjelas fakta tersebut bahwa pengurangan kuantitas anak pada umumnya diikuti dengan peningkatan kualitas anak tersebut. Trend pertambahan kuantitas anak yang menurun terjadi karena masyarakat ingin meningkatkan kualitas anaknya dan trend yang positif pada tahun naga juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas anaknya.

giani 2

Data responden dalam penelitian ini dapat dilihat pada tabel 2. Karakteristik responden pada penelitian ini adalah pekerja yang berumur antara 15-65 tahun. Jumlah responden pada tahun 1991 adalah 25.040 orang dengan 8,6% (2.154) responden lahir pada tahun naga. Tabel diatas menunjukan bahwa responden dengan zodiak Tionghoa naga pada tahun 1991 memiliki mean earnings yang lebih tinggi daripada zodiak Tionghoa non-naga sebesar 4,85%, namun responden dengan zodiak Tionghoa naga cenderung menempuh pendidikan lebih sebentar dengan perbedaan tahun 0,02 tahun. Kedua fakta tersebut ditemukan tidak signifikan pada 5%.

Jumlah responden pada tahun 1996 adalah 29.464 orang dengan 8.67% (2.555) responden lahir pada tahun naga. Kebalikan dari tahun 1991, pada tahun 1996 responden dengan zodiak Tionghoa naga memiliki mean earing yang lebih rendah (0,22%) dan lebih lama waktu bersekolah (0,28%). Kedua fakta tersebut ditemukan tidak signifikan pada 5% namun signifikan pada tingkal level 1%..

Penelitian ini menggunakan standard earning function of labor economics yang sering digunakan untuk mengestimasi rate of return to human capital investment seperti lama bersekolah. Model regresi pada penelitian ini yaitu  :

giani 3

Keterangan :

y = log mean earnings

x = vector of variables (lama bersekolah dan pengalaman kerja)

z = dummy variabel, lahir pada tahun naga

Jika  positif mengindikasikan bahwa orang yang lahir di tahun naga akan memiliki penghasilan yang lebih besar dibandingkan yang lainnya. Penelitian ini melakukan tiga buah regresi kepada laki-laki dan perempuan. Regresi pertama ingin melihat apakah terdapat perbedaan pendapatan anatara seseorang lahir di tahun naga atau tidak. Regresi kedua menambahkan variabel lama bersekolah dan kuadratnya. Regresi ketiga menambahkan variabel lama berpengalaman dan kuadratnya.

Hasil Penelitian

Tabel 3 menunjukan hasil regresi tahun 1991 dan tabel 4 merupakan hasil regresi tahun 1996.

giani 4

Pada tahun 1991, hasil regresi menunjukan   yang positif untuk laki-laki dan perempuan yang berarti orang yang lahir ditahun naga akan mendapatkan takdir yang baik. Secara ekonomi, pengaruh zodiak Tionghoa naga dengan takdir sangat kecil. Namun kita tidak bisa langsung menyimpulkan karena ada perbedaan hasil regresi tahun 1991 dengan 1996.

giani 5

Pada tahun 1996,  pada laki-laki menunjukan hubungan negatif sedangkan untuk perempuan masih menunjukan hubungan positif dengan pendapatan namun, hubungan positifnya menurun. Rendahnya R2 pada regresi pertama (1) di tabel 3 dan 4 mengindikasikan bahwa dummy variabel zodiak Tionghoa naga dapat menjelaskan total variasi log earnings dengan persentase yang sangat kecil. Secara statsistik, selain perempuan pada tahun 1991, semua hasil regresi menunjukan parameter dragon tidak signifikan ( mempengaruhi penghasilan seseorang. Maka dari itu, secara statistik tidak dapat disimpulkan bahwa individu yang memiliki zodiak Tionghoa naga akan memiliki takdir yang baik.

Penelitian ini juga mengecek efek dari zodiak china lainnya terhadap penghasilan. Tabel 5 dan 6 memberikan informasi tentang parameter setiap zodiak. Parameter setiap zodiak pada tahun 1991 dan 1996 untuk perempuan dan laki-laki berhubungan positif dengan penghasilan. Pada regresi pertama (1), hanya beberapa zodiak yang signifikan ( yang ditandai dengan tanda bintang(*). Signifikansi regresi 1 tidak konsisten untuk setiap waktu dan gender. Ketika peneliti melakukan regresi 2 yang menambahkan variabel lama bersekolah dan regresi 3 yang menambahkan variabel lama bersekolah dan pengalaman bekerja, parameter semua zodiak china tahun 1991 atau 1996 dan perempuan atau laki-laki ditemukan tidak signifikan (. Maka dari itu hipotesis awal yang menyatakan bahwa ekspektasi pendapatan individu berhubungan dengan zodiak Tionghoa yang Ia miliki, di tolak.

giani 6

Kesimpulan

Penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunkaan data sensus Hong Kong, tidak ditemukannya bukti yang mendukung bahwa tahayul yang mengatakan bahwa anak yang lahir di tahun naga memiliki takdir yang lebih baik. Secara ekonomi, dampak positif atau negatif lahir di tahun naga sangat kecil. Secara statistik, koefisien tidak konsisten pada kedua tahun sensus tersebut dan tidak signifikan dalam sebagian besar kasus. Maka dari itu, dibutuhkan hal yang dapat mendorong masyarakat untuk berhenti mempercayai tahayul ini sehingga dampak negatif dari mempercayai tahayul ini dapat dihindarkan seperti kurangnya penyediaan public goods and services dan fluktuasi makroekonomi seperti angka pengangguran yang tinggi ketika orang yang lahir di tahun naga memasuki pasar tenaga kerja.

Diulas oleh: Felicia Faustine, Kepala Divisi Penelitian Kanopi FEB UI 2017

Ilustrasi oleh: Charra Oktaviani, Staff Biro Penerbitan dan Informasi Kanopi FEB UI 2017

  • Gunakan kalimat yang baik
    You must be logged in to comment. Log in