Economic Research Dialogue: Turning The Wheels of The Economy Through Monetary Policies

IMG_2950

Economic Research Dialogue (ERD) merupakan suatu seminar tematik yang membahas mengenai penelitian dalam ilmu ekonomi. Acara ini mengundang peneliti berpengalaman dan mahasiswa lulusan Ilmu Ekonomi FEB UI untuk berbagi mengenai dunia penelitian serta memaparkan hasil penelitiannya. Pada ERD 2017, topik besar yang akan diangkat adalah Monetary Policies di Indonesia. Tema khusus yang dijunjung adalah “Turning The Wheels of The Economy Through Monetary Policies”. Tema ini mencakup semua materi yang berkaitan dengan kebijakan moneter, dari sisi mekanisme moneter, sistem keuangan dan penciptaan uang, hingga sistem pembayaran internasional.

Dalam ERD 2017 yang diselenggarakan pada hari Rabu, 3 Mei kemarin, kami menghadirkan 3 orang pembicara: Prof. Dr. Anwar Nasution, Edith Zheng S.E., dan Alvin Ulido Lumbanraja S.E . Acara ERD sendiri kemarin dihadiri oleh banyak mahasiswa FEB UI dari berbagai kalangan. Pembicara pertama kami, guru besar FEB UI, Prof. Dr. Anwar Nasution memulai ERD 2017 ini dengan sebuah pemaparan tentang penelitiannya yang berjudul “Perubahan Kebijakan Stabilisasi Perekonomian sejak Krisis Ekonomi tahun 1997-98”. Dalam masa-masa krisis, beliau memaparkan bahwa kebijakan moneter perlu direformasi dengan mengganti sistem kurs tetap dengan sistem kurs mengambang serta dengan mengubah kebijakan pemberian kredit.



IMG_2976

Pembicara kedua kami merupakan seorang fresh graduate FEB UI, Edith Zheng. Sosok yang lebih dikenal sebagai Kak Edith memaparkan tentang penelitian beliau yang dilakukan untuk penyelesaian skripsi beliau. Penelitian beliau yang bertajuk “Monetary and Fiscal Dynamics: Policy Duet for Indonesian Economy” dirancang untuk menjawab masalah tradeoff antara pertumbuhan dan inflasi dimana diperlukan kolaborasi kebijakan moneter dan fiskal yang memberikan benefit maksimum. Dalam penelitian tersebut, beliau bertujuan untuk menemukan optimal monetary policy rate melalui metode game theory. Konklusi penelitian beliau adalah bahwa stabiliasi pengeluaran pemerintah itu penting untuk menstimulus peningkatan output dan agar tingkat suku bunga juga turun sehingga pertumbuhan ekonomi dapat terjadi di tingkat inflasi yang rendah.

IMG_2982

Pembicara terakhir dalam ERD 2017 kemarin merupakan peraih penghargaan Best Thesis, Alvin Ulido Lumbanraja. Penelitian beliau yang berjudul “Demographic Transition and Effectiveness of Monetary Policy: The Case of Indonesia” bertujuan untuk melihat efektivitas kebijakan moneter di Indonesia terkait perubahan struktur demografi dari sisi umur. Indonesia sendiri dalam titik paling maksimal dari sisi demographic dividend, jumlah usia produktif terhadap jumlah yang ditanggung. Kondisi demografis ini dirasa berpengaruh terhadap respons masyarakat terhadap kebijakan moneter seperti penurunan suku bunga. Dalam penelitian yang membandingkan data di tiap provinsi, Kak Alvin menemukan bahwa kebijakan moneter akan efektif jika masyarakat didominasi dengan usia kerja.

  • Gunakan kalimat yang baik
    You must be logged in to comment. Log in