Kanopi’s Training Program: Karya Tulis Ilmiah

IMG_0592

Pada hari Rabu, 26 April 2017, Kanopi FEB UI mengadakan kegiatan Kanopi’s Training Program: Karya Tulis Ilmiah di Auditorium KKI FEB UI. Pelatihan ini mengangkat tema “Scientific Writing 101: How to Make an A+ Topic Paper”.  Menilik dari judul, objektif peserta dalam mengikuti kegiatan ini adalah untuk mengetahu bagaimana cara menemukan topik paper dengan efisien dan efektif, serta memiliki kredibilitas yang baik.

Kanopi’s Training Program ditujukan untuk mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB UI, khususnya mahasiswa semester 6 yang perlu mempersiapkan diri untuk membuat skripsi. Namun, Kanopi FEB UI juga membuka kesempatan untuk mahasiswa UI (Non Ilmu Ekonomi) untuk ikut mengembangkan diri dalam pelatihan ini.

Pelatihan yang dikemas dalam bentuk talkshow ini dihadiri oleh 2 pembicara terkemuka dan satu moderator. Talkshow dimulai oleh pemaparan Agustha Lumban Tobing, seorang researcher di Habibie Center dan mahasiswa Ilmu Ekonomi 2012 yang meraih predikat skripsi terbaik di angkatannya. Beliau menyampaikan tips dan trik untuk mencari topik yang baik dalam waktu singkat via internet, jurnal dan referensi lainnya.

Pemaparan selanjutnya disampaikan oleh Dr. Djoni Hartono, S.Si., M.E. Beliau sangat terkenal di kalangan mahasiswa Ilmu Ekonomi tahun akhir karena selalu menjadi jajaran penguji dalam sidang skripsi. Pada kesempatan ini, Pak Djoni menyampaikan kesalahan-kesalahan yang biasa dibuat mahasiswa dalam pembuatan skripsi, khsususnya inkonsistensi mahasiswa dalam penulisan topik sampai kesimpulan. Pada sesi bedah skripsi, beliau memberi tahu kesalahan-kesalah mahasiswa dan cara untuk mengatasinya.

IMG_0594

Kanopi’s Training Program berlangsung selama 2,5 jam dimana partisipan acara aktif bertanya mengenai kesulitan-kesulitan yang mereka hadapi dalam menentukan topik. Talkshow berjalan menyenangkan dan tidak membosankan berkat moderator acara, kak Jennifer Yolanda Simangunsong, yang pandai memberi trigger question dan menyelipkan humor di sela-sela pembicaraan.

  • Gunakan kalimat yang baik
    You must be logged in to comment. Log in