Economic Discussion Day: Tobacco Economics

11 - EDD 2

Economic Discussion Day atau disingkat menjadi EDD adalah agenda tahunan dari Biro Hubungan Luar KANOPI FEB UI yang berupa pemaparan akan suatu isu terkini oleh pembicara yang handal di bidangnya dilanjutkan dengan diskusi mendalam dari para peserta. Diskusi ini bertujuan untuk mencapai rekomendasi akan permasalahan yang ada secara kritis. Pada tahun ini, EDD dilaksanakan pada hari Sabtu, 1 Oktober 2016 bertempat di Aula Student Center FEB UI dan mengangkat tema “Tobacco Economics”. Isu ini sedang marak diperbincangkan karena adanya pembicaraan akan penyesuaian harga rokok yang mempengaruhi banyak pihak, dimana realisasi dari pemerintah adalah penetapan kenaikan cukai rokok.

EDD dilaksanakan bertepatan dengan kunjungan studi banding dari himpunan program studi Green Economy, Surya University. Sehingga sebelum EDD dilaksanakan, dilakukan dulu perkenalan dari KANOPI FEB UI dan HMPS Green Economy Surya University. Setelah perkenalan kedua himpunan selesai, terdapat sesi tanya jawab yang konstruktif untuk kemajuan kedua himpunan. Seusai sesi perkenalan, peserta dipersilahkan untuk beristirahat sebelum melanjutkan ke acara berikutnya.

11 - EDD 3

Acara berikutnya tidak hanya diikuti oleh HMPS Green Economy Surya University dan KANOPI FEB UI namun terbuka untuk publik, beberapa yang hadir diantaranya adalah dari khayalak UI, Politeknik Negeri Jakarta, serta Universitas Trisakti. Pemaparan dari tema “Tobacco Economics” secara komprehensif dibawakan oleh Bapak Abdillah Ahsan, peneliti Lembaga Demografi Universitas Indonesia dengan spesialisasi di bidang tobacco economics. Beberapa poin yang dibahas antara lain adalah realita mengenai rokok dan penggunanya khususnya di Indonesia, pengaruh pajak untuk rokok atau biasa disebut cukai, kondisi pertanian tembakau, serta industri rokok di Indonesia. Pemaparan dilakukan secara interaktif dengan sesi tanya jawab dan para peserta nampak antusias.

Setelah sesi pemaparan dan tanya jawab dengan pembicara, peserta melanjutkan diskusi di Selasar FEB UI dengan membuat beberapa kelompok berisi 8 orang yang dipandu oleh moderator dari Kanopi FEB UI untuk mendiskusikan pendapat serta rekomendasi kebijakan atas permasalahan rokok dan tembakau di Indonesia bagi seluruh pihak, baik petani, industri, pemerintah, dan masyarakat umum. Seusai diskusi, perwakilan dari masing-masing kelompok kemudian menyampaikan rekomendasi yang telah dirangkum ke seluruh peserta.

Pada akhirnya, permasalahan rokok dan tembakau di Indonesia adalah permasalahan yang kompleks karena melibatkan berbagai pihak dengan kepentingan yang berbeda-beda. Rokok merupakan industri yang vital di Indonesia, baik karena penggunanya yang banyak maupun kontribusi yang tinggi terhadap ekonomi negara, walaupun kurang baik bagi kesehatan masyarakat. Sehingga solusi yang ditawarkan pemerintah tidak akan bisa menyenangkan seluruh pihak. Kini, pemerintah diharapkan untuk dapat memperhitungkan yang terbaik bagi masyarakat dan fokus dalam eksekusi kebijakan tersebut seluruhnya.

  • Gunakan kalimat yang baik
    You must be logged in to comment. Log in