Grandma Test: Lipstick Effect

grandma test

 

Judul                                          : Lipstick Effect in Romania: Propensity to Buy Cosmetics and Stock Market Evolutions

Pengarang                              : Aurora Murgea

Tahun                                        : 2012

Judul Jurnal                           : Annales Universitatis Apulensis Series Oeconomica, 14(2)

 

Tujuan Penelitian

Lipstick effect merupakan sebuah kondisi anomali yang terjadi pada saat krisis ekonomi. Lipstick effect menunjukkan bahwa pada saat krisis ekonomi, penjualan produk-produk kosmetik (khususnya lipstick) justru mengalami peningkatan, tidak seperti barang-barang pada umumnya. Dalam penelitian ini, penulis hendak menguji keberadaan lipstick effect di Romania. Romania dipilih sebagai lokasi penelitian karena negara ini terkenal dengan kecantikan kaum wanitanya, namun jumlah pengeluaran konsumsi masyarakat untuk produk kosmetik merupakan yang yang terkecil di antara negara-negara Eropa lainnya. Hal inilah yang membuat penulis tertarik untuk meneliti keberadaan lipstick effect di Romania.

 

Metodologi

Pengujian lipstick effect yang dilakukan oleh studi-studi sebelumnya sering mengalami kendala dalam hal data, karena biasanya data penjualan lipstick atau kosmetik secara umum tidak tersedia. Oleh sebab itu, dalam studi ini penulis mengganti variable penjualan lipstick dengan indikator lainnya, seperti harga saham perusahaan kosmetik dan jumlah pencarian kata ‘lipstick’ atau ‘ruj’ (dalam bahasa Romania berarti lipstick) di google. Harga saham perusahaan kosmetik dapat digunakan sebagai indicator penjualan, karena saat penjualan produk suatu perusahaan meningkat, maka perusahaan akan menjadi lebih menarik bagi investor, sehingga harga sahamnya akan naik. Sementara itu, jumlah pencarian kata ‘lipstick’ atau ‘ruj’ di google juga mencerminkan bahwa banyak masyarakat yang ingin membeli lipstick, sehingga penjualan lipstick juga diprediksi akan meningkat, seiring dengan banyaknya orang yang mencari kata ‘ruj’ di google.

Dalam studi ini, penulis menggunakan dua metode untuk pengujian keberadaan lipstick effect ini, yaitu secara kualitatif dan secara kuantitatif menggunakan metode regresi VAR (Vector Auto-Regressive). Analisis data secara kualitatif dilakukan dengan melihat tren harga saham secara umum dan membandingkannya dengan tren harga saham produk kosmetik. Sedangkan untuk analisis kualitatif dilakukan dengan menggunakan model sebagai berikut:

regresi-mp

Dalam model ini, penulis hendak menguji apakah penjualan lipstick ini akan meningkat di saat harga-harga saham secara umum mengalami penurunan, yang menunjukkan indicator adanya kelesuan ekonomi. Penulis juga menguji apakah penjualan lipstick ini mempengaruhi kondisi ekonomi secara keseluruhan. Model ini sudah melalui pengujian untuk menguji autokorelasi dan heteroskedastik, dan telah teruji stasioner pada lag 1.

 

Isi

Berikut ini adalah hasil pengolahan data untuk 10 merek kosmetik di Romania. Pada grafik di bawah ini, terlihat bahwa turnover produk-produk kosmetik tidak mengalami penurunan pada masa krisis ekonomi global (tahun 2008). Turnover produk kosmetik ini menunjukkan kecepatan perputaran stok produk kosmetik, sehingga dianggap dapat menggambarkan penjualan kosmetik dari setiap perusahaan. Akan tetapi, terlihat bahwa di tahun 2005, terjadi penurunan yang tajam untuk semua perusahaan kosmetik. Hal ini terjadi karena pada tahun tersebut terjadi gejolak yang cukup besar di Romania, sehingga mmemang memberikan dampak yang signifikan terhadap keseluruhan industry di Romania. Di luar itu semua, dapat kita lihat bahwa sebenarnya perusahaan kosmetik tidak terpengaruh oleh gejolak ekonomi karena penjualannya tetap stabil.

graph-no-3

Grafik di bawah ini juga mendukung hpotesis adanya lipstick effect di Romania, yang tercermin dari perbandingan harga saham perusahaan kosmetik dengan harga saham secara keseluruhan (indeks harga saham komposit). Melalui grafik di bawah ini, dapat dilihat bahwa pada saat harga saham secara umum (BET) mengalami penurunan yang tajam di tahun 2008, harga saham perusahaan kosmetik tetap stabil, dan tidak terpengaruh oleh gejolak perekonomian.

graph-no-6

Meskipun demikian, hasil analisis kualitatif tersebut tidak dapat menunjukkan adanya lipstick effect, karena peningkatan penjualan lipstick tidak terlihat secra eksplisit. Oleh sebab itu, digunakan regresi VAR untuk melihat keberadaan lipstick effect di Romania, dengan menggunakan variable jumlah pencarian kata ‘ruj’ di google terhadap harga saham penutupan di setiap akhir tahun. Hasil regresi ini pada akhirnya membuktikan bahwa lipstick effect memang terjadi di Romania, sesuai dengan hipotesis yang dibuat oleh penulis. Akan tetapi, hal ini hanya terjadi di jangka pendek saja (seperti short term shock) dan kemudian kembali ke keadaan normal, sehingga lipstick effect ini tidak terlihat jika diuji menggunakan analisis kualitatif.

hasil-var-model

 

Kesimpulan

Berdasarkan analisis yang dilakukan penulis, terbukti bahwa lipstick effect memang terjadi di Romania, meskipun hanya menimbulkan efek dalam jangka pendek saja. Hal ini memiliki arti bahwa pada saat harga saham secara umum turun (ekonomi mengalami pelemahan), penjualan lipstick mengalami peningkatan dalam jangka pendek, lalu kembali lagi stabil di jangka panjang. Selain adanya pembuktian ini, kondisi yang terjadi di Romania ini juga menunjukka bahwa keputusan seseorang untuk membeli lipstick tidak selalu didasari oleh alasan yang rasional, namun lebih didasari oleh motif psikologi seseorang, yaitu untuk memperbaiki mood dan untuk menarik lawan jenis. Akibatnya, pada saat terjadi pelemahan ekonomi yang merupakan keadaan yang buruk, para wanita cenderung akan membeli lipstick, sehingga penjualan lipstick akan meningkat dalam jangka waktu yang sangat pendek.

 

Diulas Oleh:
Fransiska Herline N
Wakil Kepala Divisi Penelitian Kanopi FEB UI 2016

 

Ilustrasi Gambar Oleh:
Muhammad Rifqi Ramadhan
Trainee Biro Penerbitan dan Informasi Kanopi FEB UI 2016

  • Gunakan kalimat yang baik
    You must be logged in to comment. Log in