Economics Summit 2016: Ekonomi Digital – Potensi, Tantangan, dan Risiko

dsc08822

Pada Jumat, 16 September 2016, lima Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi dari lima universitas terbaik di Indonesia membawa suatu inovasi baru yang diberi nama “Economics Summit”. Economics Summit merupakan ajang pertemuan dan diskusi antar Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi dan atau Studi Pembangunan yang dilaksanakan secara bergiliran setiap tahunnya. Di tahun pertama ini, Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada (HIMIESPA UGM) berkesempatan untuk menyambut dan menjadi tuan rumah bagi para delegasi dari Himpunan Mahasiswa Ekonomi Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeritas Padjajaran (HIMA ESP FEB Unpad), Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Universitas Airlangga (HIMA EP UNAIR), Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeritas Diponegoro (HMJ IESP FEB UNDIP), dan tentunya Kajian Ekonomi dan Pembangunan Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (Kanopi FEB UI).

dsc08786

Economics Summit dimulai dengan welcoming party di Woodstock Cafe, Yogyakarta pada malam Jumat. Kemudian, rangkaian acara dilanjutkan pada hari Sabtu, 17 September 2016 dengan presentasi hasil kajian dari himpunan masing-masing di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM. Tema yang diangkat adalah “Ekonomi Digital: Potensi, Tantangan, dan Risiko”. Setiap himpunan mengangkat topik yang berbeda-beda, dimulai dengan HIMA EP Universitas Airlangga yang mengaitkan ekonomi digital dengan pajak sebagai topik pembahasan kajiannya. Kanopi FEB UI sendiri mengangkat judul yang sedikit berbeda dari pembahasan ekonomi digital biasanya, yaitu “Digital Economics: The Dark Side” Ekonomi digital memang memberikan keuntungan bagi banyak masyarakat, seperti bertambahnya lapangan pekerjaan, tetapi banyak fakta yang menunjukkan adanya potensi masalah dari ekonomi digital itu sendiri. Dalam sesi presentasi kajian, perwakilan dari Divisi Kajian Kanopi FEB UI 2016 memaparkan mengenai tidak meratanya akses ke teknologi digital, semakin tergantikannya manusia dalam proses produksi, dan potensi munculnya economic bubble.

dsc08808

Sesi ke-2 dari rangkaian acara Economics Summit adalah studi banding organisasi. Di sesi ini, setiap himpunan berkesempatan untuk mempresentasikan struktur organisasi dan berbagai program kerja yang dilaksanakan. Meski pembahasan hanya terbatas pada internal organisasi, kegiatan tanya jawab tetap berjalan. Pertanyaan yang muncul meliputi pembagian kerja, lapisan kepengurusan, dan eksekusi program kerja. Kanopi FEB UI sendiri berhasil memperkenalkan beberapa program kerja, seperti 14th Economix, Indonesia Economic Outlook 2017, Kanopi Gives Back, Public Speaking and Career Clinic (PSCC), Monthly Economic Discussion (MEcD), dan Warta IE pada sesi presentasi ini. Setelah semua himpunan selesai melakukan presentasi, ketua umum dari masing-masing himpunan melakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) terkait kegiatan Economics Summit untuk lima tahun ke depan.

Acara berikutnya dilaksanakan di luar lingkungan UGM, tepatnya di Museum Ullen Sentalu. Di museum yang terletak di kaki Gunung Merapi tersebut, para delegasi di bawa keliling untuk mengeksplorasi budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram. Para delegasi juga berkesempatan untuk melihat berbagai koleksi batik khas Yogyakarta dan juga Surakarta.

dsc08859

Setelah diperkenalkan sekilas mengenai budaya Yogyakarta, para delegasi dibawa ke restoran untuk berpartisipasi dalam rangkaian acara  farewell dinner dan sharing session. Sebelum memulai kegiatan makan malam bersama, para delegasi dibagi ke berbagai kelompok untuk berpartisipasi dalam beberapa permainan. Di sini, para delegasi diberikan kesempatan untuk mengenal serta bekerja sama dengan delegasi lainnya dari himpunan yang berbeda. Pemenang dari rangkaian permainan tersebut, beserta penghargaan untuk beberapa delegasi, diumumkan setelah para delegasi mencicipi makan malam yang telah disediakan. Untuk mengakhiri malam, panitia mengadakan sharing session, di mana para delegasi menyampaikan kesan terhadap rangkaian acara untuk tahun ini dan pesan untuk himpunan yang akan menjadi tuan rumah di tahun berikutnya. Acara ditutup dengan tukar kado dan perpisahan antar himpunan.

Untuk mengetahui lebih lanjut, press release bersama Economics Summit 2016 dapat diakses di link berikut: http://bit.ly/bukueconomicssummit2016

  • Gunakan kalimat yang baik
    You must be logged in to comment. Log in