Orientasi Jurusan Mahasiswa Ilmu Ekonomi 2016: Kaderisasi, Orientasi, dan Konsolidasi Mahasiswa IE 2016

8 - Osjur 1

Setiap tahunnya, Kanopi FEB UI sebagai BSO Keilmuan yang mengemban nilai himpunan melaksanakan kegiatan Orientasi Jurusan Mahasiswa Ilmu Ekonomi. Pada tahun ini, kegiatan orientasi diikuti oleh 118 peserta, yang merupakan mahasiswa program reguler dan kelas khusus internasional. Jumlah ini jauh lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya karena kegiatan tahun ini merupakan pertama kalinya menggabungkan mahasiswa dari kedua program. Kegiatan pada tahun ini juga untuk pertama kalinya menghadirkan konsep main event dan pasca acara agar mahasiswa lebih akrab dan solid.

Pada kegiatan utama yang dilaksanakan pada 19 Agustus 2016, Mahasiswa Ilmu Ekonomi menghabiskan waktu satu hari penuh untuk kegiatan yang menyenangkan dan penuh wawasan. Acara dimulai pada pukul 8 pagi dan diawali dengan pembukaan dari Ketua Kanopi FEB UI, Iqbal M. Taher (IE 2013). Acara dilanjutkan dengan pemberian materi orientasi akademis dan kurikulum dari Perwakilan Departemen Ilmu Ekonomi UI. Pak Teguh Dartanto, selaku Kepala Prodi S1 IE UI mengajak instrumen-instrumen Departemen seperti Pak Darnil, Bu Dewi Ratna Sjari, Pak Dachwan, dan Bu Emy Nurmayanti untuk memberikan penjelasan mengenai tugas yang mereka emban di Departemen Ilmu Ekonomi dengan tujuan membantu mahasiswa IE untuk bisa bertahan di jenjang akademis. Pak Teguh juga memberikan penjelasan mengenai kurikulum yang digunakan hingga sertifikasi dan prestasi Ilmu Ekonomi di kancah Internasional. Di sesi ini, mahasiswa IE UI 2016 diharapkan dapat memahami secara komprehensif sistem perkuliahan dan dunia akademis yang akan dijalani selama berkuliah.

Acara dilanjutkan oleh berbagi pengalaman dari mahasiswa Ilmu Ekonomi yang berprestasi dari segala bidang. Pembicara pertama adalah Edith Zheng Wen Yuan (IE 2012) yang merupakan asisten dosen menceritakan pengalaman dia menjadi asisten dosen dan kesempatan yang ia dapatkan. Selain itu juga ada Irman Faiz (IE 2012) yang baru saja meraih prestasi menjadi Mahasiswa Prestasi Nasional 2016. Ia menceritakan sekilas tentang kehidupan kampus selama empat tahun di IE UI dan juga bersama Ka Edith memberikan tips dan trik untuk berkuliah di IE UI. Selain dua pembicara yang baru lulus kuliah, acara ini bekerjasama dengan divisi Hubungan Luar Kanopi FEB UI menghadirkan alumni-alumni Ilmu Ekonomi yang telah menempuh dunia karir dan dikemas dengan sesi Economics Sharing. Mereka adalah Masyita Crystallin (IE 2001), M. Firman Hidayat(IE 2002), dan Nadia Febriana M.(IE 2007). Masyita berkecimpung di dunia ekonomi moneter dan bekerja sebagai ekonom di World Bank. Firman juga berkecimpung di dunia yang sama dengan Masyita, namun mengaplikasikan ilmunya di Kementrian PPN/Bappenas. Sedangkan Nadia merupakan peneliti bidang ekonomi di Indo-Australia Partnership for Economic Governance (AIPEG) . Diharapkan dari kegiatan berbagi pengalaman dan cerita dari senior-seniornya, mahasiswa Ilmu Ekonomi dapat sedikit membayangkan masa depannya dan tidak mengalami sindrom salah jurusan.

Acara dilanjutkan dengan pemberian perspektif Ilmu Ekonomi dalam dunia nyata yang dibawakan oleh Prof. Iwan Jaya Azis. Prof. Iwan Jaya Azis yang merupakan Guru Besar di FEB UI dan di Cornell University, Amerika Serikat menyempatkan diri untuk hadir dan menyambut mahasiswa Ilmu Ekonomi 2016 dengan harapan akan tumbuhnya bibit-bibit ekonom Indonesia yang handal dalam mengelola perekonomian Indonesia di masa depan.

Setelah pemberian materi oleh Prof. Iwan Jaya Azis, acara diselingi oleh ISHOMA dan dilanjutkan kembali oleh pemaparan materi penelitian. Sesi pemaparan materi penelitian ini disajikan oleh kerjasama dengan Divisi Penelitian Kanopi FEB UI dengan nama Tours Les Jours. Tujuan dari sesi ini adalah pembekalan keterampilan penelitian yang nantinya akan digunakan oleh Mahasiswa IE 2016 selama berkuliah di IE UI. Selain pemaparan materi, Divisi Penelitian juga memberikan tugas penelitian kelompok yang menjadi komponen nilai dalam penentuan status keaktifan IKM. Adapun enam hasil penelitian terbaik sebagai berikut.

SCAN24-1

 

Living The Pokémon GO Life: An Economical Perspective
(oleh: Andi Arief, Archie Anisa, Deliani, Fawzia N., Kefas Sidauruk, Mohamad E. Fokkerizky)

SCAN18-1

Keamanan Transportasi Online di UI
(oleh: Anzika, Haykal, Kanty, Dhito, Yati)

SCAN17-1

Asistensi, Pentingkah?
(oleh: Cosi Suta Fisanda Pilasto, Kevin Anggatama, Wiwik Wiyanti)

SCAN22-1

Alokasi Uang Bulanan [Untuk Keperluan Kuliah Mahasiswa FEB UI] (oleh: Novia Febriyanti H, Andithio Khairifatan, Melsasyavia NRS, Hasyim AH, Devin)

SCAN21-1

Penggunaan Mobile Banking di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI
(oleh: Harnum Yulia Sari, Ilham Setiawan, Anas Izzuddin, M. Fadhil Firjatullah, M. Ra Syafi, Manuel Bram)

SCAN19-1

Kepuasan Mahasiswa FEB UI terhadap Kantin FE
(oleh: Anisa Wardani, Canyon Keanu, Fadli Jihad, M. Akmal A., Arrifa Vassily Kusumo)

Acara dilanjutkan dengan sesi keakraban angkatan dalam bentuk permainan antar kelompok dengan menanamkan nilai analisis dan kerjasama agar kegiatan ini memberikan wawasan dan tetap bersenang-senang. Kegiatan juga dilanjutkan oleh sesi pengenalan Kanopi FEB UI yang merupakan badan himpunan resmi untuk mahasiswa Ilmu Ekonomi UI. Penjelasan mengenai Kanopi FEB UI juga diikuti oleh penjelasan mengenai kegiatan Welcoming PartIE yang merupakan kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa Ilmu Ekonomi 2016 untuk mengakrabkan mahasiswa IE lintas angkatan. Pada akhirnya acara ini ditutup dengan menghadirkan Ketua Angkatan Jurusan dari tiap angkatan untuk lebih mengenalkan peran strategis Ketua Angkatan dalam mengakrabkan mahasiswa Ilmu Ekonomi. Dengan kegiatan ini diharapkan mahasiwa mempunyai inisiatif untuk maju jadi calon ketua angkatan selanjutnya dan mengakrabkan mahasiswa Ilmu Ekonomi UI.

Pada kegiatan pasca-acara, atau akrab disebut Pasca-Osjur, mahasiswa melakukan pemilihan Ketua Angkatan Jurusan untuk 2016, setelah proses seleksi yang dilakukan tim PSDM dengan menilai berkas. Dari 10 kandidat, terpilih 3 Kandidat calon ketua angkatan jurusan. Mereka adalah Firza Lesmana, Adrian Fathan, dan M. Yusuf Mujiburrahman. Setelah melalui proses pemilihan umum yang cukup kompleks karena adanya jumlah suara yang seri, akhirnya dilakukan proses voting oleh mahasiswa yang tidak dapat hadir pada kegiatan tersebut. Pada akhirnya, terpilihlah Firza Lesmana sebagai Ketua Angkatan Jurusan IE 2016. Kegiatan dilanjutkan dengan pemebntukan panitia Welcoming PartIE dan diakhiri dengan Foto Angkatan IE 2016. Diharapkan melalui kegiatan Orientasi Jurusan secara keseluruhan, mahasiswa IE 2016 mendapatkan nilai kaderisasi, orientasi, dan konsolidasi inter-angkatan dan intra-angkatan dan dapat menjadi bibit-bibit ekonom Indonesia di masa depan.

  • Gunakan kalimat yang baik
    You must be logged in to comment. Log in