Kanopi’s Training Program – Karya Tulis Ilmiah: Dasar dan Interpretasi Data dalam Karya Ilmiah

4 - KTP KTI 1

Pada 11 Mei 2016, Kanopi FEB UI telah melaksanakan kegiatan Kanopi’s Training Program: Karya Tulis Ilmiah di Ruang PGN, Gedung Departemen Ilmu Ekonomi. Kegiatan ini merupakan seminar pelatihan karya tulis yang diharapkan dapat membantu mahasiswa Ilmu Ekonomi secara khusus dalam pengembangan keterampilan penulisan. Kegiatan yang dieksekusi oleh Divisi PSDM Kanopi FEB UI ini merupakan wujud dari misi Divisi PSDM Kanopi FEB UI yaitu untuk mengembangkan keterampilan akademis sivitas akademika Ilmu Ekonomi UI. Pada kegiatan tahun ini, Kanopi’s Training Program: Karya Tulis Ilmiah – selanjutnya disingkat KTP-KTI mengangkat tema “Karya Tulis Ilmiah 101: Dasar dan Interpretasi Data”. Tema ini diangkat mengingat adanya kebutuhan bagi mahasiswa Ilmu Ekonomi untuk memahami konsep dasar dari karya tulis agar mereka mampu bertahan di dunia perkuliahan. Walaupun fokus peserta merupakan sivitas akademika Ilmu Ekonomi, acaranya ini bersifat terbuka untuk umum.

Kegiatan KTP-KTI menghadirkan dua penyaji materi yang merupakan pakar yang cukup handal dalam teknik penulisan akademis. Pada sesi pertama, pemateri adalah Bapak Turro S. Wongkaren, Ph.D. Beliau merupakan peneliti di Lembaga Demografi FEB UI dan juga merupakan seorang Dosen yang telah melalui jenjang akademis dan karir di FEB UI dan di University of Hawaii, Amerika Serikat. Materi yang beliau sampaikan berfokus pada dasar-dasar dan tips dalam memulai penulisan Karya Tulis Ilmiah. Selain itu, pemateri juga menyampaikan proses penulisan karya ilmiah hingga cara memilih judul yang sesuai.

Di sesi selanjutnya, pemateri adalah Bapak Veto Tyas Indrio, S.E. Beliau merupakan peneliti SMERU Research Institute yang juga merupakan lulusan FEB UI Angkatan 2010. Materi yang dibawa oleh Pak Veto lebih fokus kepada penggalian proses penulisan karya ilmiah. Ia fokus membahas jenis data yang bisa digunakan, standar penulisan, membuat model analisis, hingga menarik kesimpulan. Ia juga memberikan tambahan tips tentang Do’s and Don’ts pada penulisan karya ilmiah.

Pada kegiatan yang berlangsung selama tiga jam, partisipasan acara cukup antusias dengan memberikan beragam pertanyaan selama penyajian materi seminar. Acara juga dihadiri oleh sekitar 70 peserta dari latar belakang mahasiswa Ilmu Ekonomi, mahasiswa FE, dan mahasiswa luar FE seperti Fisip dan FT. Diharapkan dari kegiatan KTP-KTI ini, partisipan dapat memahami konsep-konsep fundamental dalam penulisan karya ilmiah dan juga mengimplementasikannya dalam kegiatan akademis.

  • Gunakan kalimat yang baik
    You must be logged in to comment. Log in