TEST NBSP

Pada perjalanan saya ke negara tetangga yang tersohor dengan industri finansial seperti Singapura dan Hongkong, saya sempat merasa bingung karena jarang sekali saya melihat kendaraan tidak tergolong mewah bagi standar Indonesia. Bahkan teman saya mengatakan bahwa guru yang mengajar di sekolahnya mengendarai kendaraan mewah keluaran terbaru yang berasal dari Eropa. Disana pulalah pertama kalinya saya melihat antrian yang sangat panjang untuk membeli tas berharga puluhan hingga ratusan juta layaknya antrian panjang untuk membeli burger McD. Lalu apakah mereka memang memiliki standar gaji yang jauh lebih tinggi dibandingkan Indonesia? Apakah yang membuat mereka dapat membiayai hidup dengan gaya hidup yang tinggi tersebut?

Pertanyaan itulah yang saya ajukan kepada salah satu penduduk setempat di Hongkong. Ia pun menjawab bahwa kemampuan konsumsi mereka didukung juga oleh pendapatan mereka yang didapat dari investasi yang disisihkan dari pendapatan mereka setiap bulannya. Didukung pula dengan 70% dari penduduk Hongkong dan 68% dari penduduk di Singapura yang sudah secara melek secara finansial.

Sebelum itu, apakah itu melek finansial? 

Melek finansial ialah kemampuan untuk mengerti bagaimana uang bekerja, bagimana seseorang mendapatkannya dan mengatur keuangan mereka, bagaimana mengivestasikannya (menghasilkan lebih darinya) serta mendonasikannya untuk menolong orang lain.

Lalu, bagaimanakah melek finansial dapat menjelaskan fenomena diatas?

 

  • Gunakan kalimat yang baik
    You must be logged in to comment. Log in